Ditulis pada tanggal 27 Pebruari 2018, oleh Dian Indah Shofarini, pada kategori Uncategorized

pwk1Spatial Planning Day 2018 adalah rangkaian acara yang dilaksanakan dua hari untuk merayakan Lustrum 20 Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB). Dengan Tema Besar “Spatial Planning For Sustainable City” Hari pertama berfokus pada acara talkshow dan Workshop di hari kedua. Bertempat di Aula Widyaloka UB, lebih dari 200 peserta dari mahasiswa, profesional, akademisi turut hadir.

Hadir membuka acara Dr. Ir. Surjono, MTP dari Jurusan PWK UB dan Sekretaris Jurusan Ir. Ismu Rini Dwi Ari, MT., Ph.D. turut hadir jajaran Dosen Jurusan PWK UB. Dalam sambutannya Dr. Surjono menyatakan, “Diharapkan giat ini dapat menciptakan diskusi interaktif yang menghadirkan pakar -pakar yang dapat menyampaikan materi mengenai kontribusi GIS dalam perencanaan dan pengembangan kota di Indonesia,”.

Pada Talkshow di hari pertama hadir Prof. Dr. Ir Budisantoso Wirjodirdjo M, ENG Sebagai Guru Besar Bidang Riset Operasional dalam pemodelan Sistem Industri di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kedua, Lusiana Suwandi, ST dari ESRI Indonesia yang membahas integrasi teknologi GIS dengan penataan kota. Acaranya lalu dipotong dengan break dimana peserta bisa mengunjungi booth2 yang disediakan panitia di luar aula.

Talkshow dilanjutkan dengan talkshow bersama Dr. M. Rudi Wahyono, Dipl. Env. Drs.MMA sebagai Executive Director Centre of Information and Development Studies (CIDES), The habibie Center. Menutup sesi talshow, hadir Aria Indra Purnama, ST, MUM Direktur Perencanaan Tata Ruang Kementrian Agraria & Tata Ruang.

WhatsApp Image 2018-02-27 at 12.33.51(1)Pada hari kedua saatnya para peserta untuk berhadappan langsung dengan software- software GIS yang ditawarkan. Pada acara kali ini PWK FTUB bekerjasama langsung dengan ESRI (Environmental Systems Research Institute) Indonesia. ESRI adalah adalah perusahaan pemasok software sistem informasi geografi internasional, GIS bebasis web, dan manajemen geodatabase.

Sesi workshop diadakan di Ruang Kapita Selecta Jurusan PWK, dimana peserta dipersilahkan mengakses software- software GIS yang ditawarkan ESRI. Dengan workshop ini mahasiswa dapat menangkap betapa telah majunya integrasi teknologi dengan penataan wilayah yang ada saat ini. Dengan demikian mahasiswa dapat mengerti betapa pentingnya penguasaan dan pengelolaan informasi untuk digunakan sebagai alat perencanaan wilayah.

WhatsApp Image 2018-02-27 at 12.33.51“Pada era informasi ini, bahkan data bisa di collect langsung dari postingan social media masyarakat dan berpengaruh langsung terhadap factor- factor yang akan muncul dalam perencanaan. Kalau mahasiswa tidak menguasai hal ini, bagaimana mungkin akan menciptakan planning yang up to date!” tutup Lusiana dari ESRI Indonesia saat memberikan workshop. (emis)