Ditulis pada tanggal 16 Maret 2018, oleh Dian Indah Shofarini, pada kategori Uncategorized

29136817_10211617469007368_2245385559201546240_n

Menyongsong kegiatan akreditasi Program Studi (PS) S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) pada Tahun 2019, tim Unit Jaminan Mutu (UJM) PWK telah mengevaluasi kinerja jurusan dan PS, salah satunya pada bidang akademik. Fokus evaluasi kinerja PS S1 saat ini adalah pada mekanisme kegiatan tugas akhir terutama terkait masa studi dan masa penyusunan tugas akhir. Evaluasi tersebut dibahas pada acara Workshop Pemutakhiran Sistem Kolokium dan Tugas Akhir PS S1 PWK.

Workshop dilaksanakan selama dua hari di Harris Hotel & Conventions Malang pada tanggal 12-13 Maret 2018 dan dipromotori oleh Ketua Kelompok Jabatan Fungsional Bidang Kolokium dan Tugas Akhir, Nindya Sari, ST., MT. Sebelum pelaksanaan acara ini, panitia telah melaksanakan acara Open Talk dengan mahasiswa terkait dengan penyampaian kendala, kritik, dan saran oleh mahasiswa PS S1 PWK yang telah menempuh Tugas Akhir. Dari aspirasi yang didapat, institusi berusaha mengevaluasi sistem kolokium dan Tugas Akhir yang berlangsung selama ini.

Acara workshop yang dihadiri oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Prodi S1 tersebut membahas lima bahasan pokok yakni alur penyusunan TA, mekanisme tiap tahap penyusunan Tugas Akhir (proposal dan penyusunan laporan), mekanisme seminar hasil dan ujian sidang Tugas Akhir, mekanisme penilaian, dan lingkup substansi tugas akhir.

Output dari hasil workshop ini akan dimasukkan pada buku pedoman akademik 2018-2019 dan buku pedoman penyusunan Tugas Akhir S1 Jurusan PWK sebagai acuan dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan Tugas Akhir. Acara yang diketuai Deni Agus Setyono, ST., M.Eng mendapat apresiasi positif dari Sekretaris Jurusan PWK Ir. Ismu Rini Dwi Ari, MT., Ph.D.

“Workshop ini insyaAllah memberikan keluaran yang lebih konkrit untuk memperpendek masa tempuh kolokium dan tugas akhir,” ungkap Ismu. (AA)