Ditulis pada tanggal 14 Agustus 2018, oleh Dian Indah Shofarini, pada kategori Kegiatan, Mahasiswa, Tenaga Pengajar, Uncategorized

IMG_3680Perumusan kurikulum 2018/2019 telah selesai dilaksanakan dan menjadi draft buku pedoman akademik Tahun 2018/2019. Memasuki jadwal penginputan Kartu Rencana Studi (KRS), Program Studi S1 (Perencanaan Wilayah dan Kota) PWK bekerja sama dengan Himpunan PWK menyelenggarakan Sosialisasi Kurikulum PS S1 2018/2019 dan Open Talk Tahun 2018.

Acara ini dihadiri oleh dosen, tendik, dan ratusan mahasiswa S1 PWK di Ruang Studio 1 dan 2 Lantai 3 Gedung Baru Teknik Fakultas Teknik Universitas Brawijaya tanggal 6 Agustus 2018.

Acara dibuka dengan sambutan Sekretaris Jurusan PWK, Ismu rini Dwi Ari. “Mahasiswa harus teliti untuk membaca kurikulum pada buku pedoman akademik, mana mata kuliah wajib yang sudah maupun belum ditempuh,” terangnya.

Paparan Plt Ketua Program Studi S1 tentang Penjelasan kurikulum 2018/2019 dilakukan usai Ismu Rini Dwi Ari memberi sambutan. Septiana Hariyani memaparkan beberapa perubahan kurikulum PS S1 diantaranya penambahan mata Kuliah Kerja Lapang (KKL), pengurangan Mata Kuliah Pilihan dari empat menjadi tiga, dan perubahan sks. Perubahan kurikulum ini akan diberlakukan untuk angkatan 2016,2017, dan 2018.

Mata kuliah KKL yang menjadi mata kuliah baru di PS S1 Jurusan PWK dijelaskan oleh Ar.Rohman Taufiq Hidayat dengan penjelasan sistematis pengambilan mata kuliah yang bisa diambil di semester ganjil maupun genap dan untuk pelaksanaannya bisa dilaksanakan sampai luar negeri. Penjelasan selanjutnya dipaparkan oleh Kartika Eka Sari dengan penjelasan beberapa perubahan peraturan Tugas Akhir salah satunya jumlah penguji ujian yang semula dua dosen menjadi satu dosen.

Selain itu, Ujian Akhir S1 PS PWK juga dibagi menjadi tiga koordinator yang semula hanya dikoordinatori Nindya Sari. Tiga koordinator tersebut yakni Wawargita Permata Wijayanti untuk koordinator seminar proposal, Deni Agus Setyono menjadi koordinator seminar hasil, dan koordinator sidang tugas akhir dipegang oleh Kartika Eka Sari. Ujian akhir PS S1 dijadwalkan setiap bulan untuk seminar proposal, seminar hasil dan sidang tugas akhir dengan pelaksanaan setiap Hari Senin dan maksimum pendaftaran pada Hari Rabu.

“Jadwal ujian akan dimulai pada bulan Agustus sampai dengan bulan Januari 2019,” terang Kartika Eka Sari.

Sistem pendaftaran ujian akhir pun diperbarui dengan sistem online melalui laman https://dheiro.com. Selain pendaftaran ujian akhir, dalam system online tersebut juga tersedia menu asistensi tugas kahir yang bisa diisi oleh mahasiswa sehingga bisa menjadi acuan untuk melihat kemajuan pengerjaan Tugas Akhir.

Acara ini semakin menarik dengan pengajuan beberapa pertanyaan dari mahasiswa dalam sesi tanya jawab. Besar harapan dari Jurusan PWK untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa PS S1 PWK terhadap struktur kurikulum PS S1 PWK tahun 2018/2019-2022/2013 dan evaluasi kurikulum untuk proses perkuliahan Tahun Akademik 2017/2018.