Ditulis pada tanggal 14 Agustus 2018, oleh Dian Indah Shofarini, pada kategori Uncategorized

IMG-20180724-WA0043Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya baru saja menerima tamu kunjungan dari mahasiswa Program Studi S1 PWK Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Kunjungan disambut di Ruang Studio PWK, Lantai 3 Gedung Baru Teknik  tanggal 24 Juli 2018.

Abdul Wahid Hasyim menyambut rombongan dari UM Banjarmasin dengan penjelasan profil PWK. “PWK dibangun sejak tahun 1998, jadi tahun ini genap 20 tahun,” terang Ketua Jurusan PWK. Selanjutnya, dosen PWK FT UB yang turut menyambut kedatangan rombongan memperkenalkan diri dan disambut pula dengan perkenalan dari dosen-dosen UM Banjarmasin sehingga suasana kekeluargaan yang hangat terjalin.

”Tujuan kedatangan kami dari rombongan Banjarmasin adalah menyambung silaturrahmi ke kakak-kakak senior PWK FT UB,” Ketua Program Studi S1 PWK Andi Ahmad S memaparkan. Kunjungan dari UM Banjarmasin ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian Studi Ekskursi yang diikuti i oleh 16 mahasiswa didampingi 6 dosen UM Banjarmasin.

Yang menjadi kejutan dalam kunjungan kali ini adalah dengan ikut sertanya Miftahul RIdhoni, salah satu alumni S1 PWK FT UB dan S2 Minat PWK Teknik Sipil Fakultas Teknik UB yang telah menjadi salah staf pengajar di UMM. Beliau menceritakan tentang riwayat pendidikan dan perjalanan bimbingan skripsi dan tesisnya bersama I Nyoman Suluh Wijaya. Mahasiswa UM Banjarmasin dijelaskan lebih lanjut oleh Ismu Rini Dwi Ari tentang kurikulum, sistem akademik, pengajaran, prestasi, riwayat akreditasi, dan kegiatan-kegiatan yang telah berlangsung di PWK salah satunya terselenggaranya seminar internasional ICPEU setiap dua tahun sekali.

IMG-20180724-WA0045Sekretaris Jurusan PWK ini menjelaskan pula bahwa PS S1 baru saja mengadakan workshop pembaruan kurikulum salah satunya pembaruan sistem ujian S1 baik di seminar proposal, seminar hasil maupun sidang tugas akhir dan ditambahkannya mata kuliah Kuliah Kerja Lapang (KKL) pada kurikulum PS S1 PWK.

Dalam sesi diskusi, Kartika Eka Sari salah satu dosen PWK juga menjelaskan bahwa PWK FT UB memiliki keistimewaan karena memiliki studio yang bervariatif sehingga outcome dari alumni PWK UB lebih universal.

Kunjungan ditutup dengan pemberian cindera mata oleh Ketua Prodi S1 PWK UMM Banjarmasin dan Sekretaris Jurusan PWK FT UB dan ucapan terima kasih dari ketua rombongan UM Banjarmasin karena disambut dengan hangat penuh kekeluargaan dan mendapat ilmu tentang evaluasi kurikulum dan masukan-masukan yang diharapkan akan bermanfaat untuk kemajuan Prodi S1 PWK UM Banjarmasin. (AA)