Ditulis pada tanggal 5 September 2018, oleh Dian Indah Shofarini, pada kategori Kegiatan, Mahasiswa

PAT (1)Sejumlah 14 dari 17 pendaftar mahasiswa baru (maba) Program Studi (PS) Magister Perencanaan Wilayah dan Kota (MPWK) telah melewati dan lolos dalam seleksi tes tulis dan wawancara Program Magister Fakultas Teknik Tahun Akademik 2018/2019. Sebelum perkuliahan Semester Ganjil 2018/2019 dilaksanakan, PS MPWK mengadakan Program Alih Tahun (PAT) di Ruang Rapat lantai 2 Gedung Baru Teknik selama lima hari yakni 30 Juli hingga 3 Agustus 2018.

Tujuan utama diadakan PAT ini untuk mempersiapkan maba PS MPWK dalam mengikuti proses perkuliahan serta menjadi ajang perkenalan bagi dosen dan tenaga kependidikan kepada mahasiswa baru PS MPWK yang akan memulai perkuliahan pada tanggal 27 Agustus 2018. PAT diikuti 13 maba yang telah melakukan daftar ulang.

“PAT diselenggarakan salah satunya untuk pemetaan minat maba S2 PWK,” buka Ketua pelaksana PAT Tahun 2018, Dr. Surjono.

PWK memiliki dua bidang minat yakni kekotaan dan kewilayahan. Pre Test dan Post Test pun dilaksanakan untuk mengetahui kecenderungan minat maba S2 dan mengetahui keberhasilan perkuliahan PAT yang diisi oleh 12 dosen pengajar S2. Beberapa peraturan juga dijelaskan selama perkuliahan PAT salah satunya minimal kehadiran maba adalah 80% dari total 12 jumlah temu.

Pada hari pertama juga dilaksanakannya PAT, maba diminta mengisi data minat awal. Data keminatan tersebut bisa berubah sebelum proses penginputan Kartu Rencana Studi (KRS) dilakukan.

PAT (2)“Data minat yang telah diisi bisa berubah, silahkan anda mengikuti perkuliahan PAT, dan mempertimbangkan minat apa yang akan diambil setelah mengikuti perkuliahan PAT,” terang Christia Meidiana, Ketua PS MPWK dalam acara pembukaan.

Dari pelaksanaan PAT didapatkan 6 maba PWK merubah keminatan setelah mengikuti perkuliahan PAT. Hasil akhir keminatan maba Tahun 2018/2019 yakni 7 maba mengambil minat kekotaan dan 6 maba untuk minat kewilayahan. Acara ditutup oleh Christia Meidiana dengan pembagian jadwal kuliah dengan uraian mata kuliah yang ditawarkan pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019.