Ditulis pada tanggal 1 Oktober 2018, oleh Dian Indah Shofarini, pada kategori Uncategorized

Fauzul Rizal Sutikno, salah satu dosen PWK UB yang sedang menempuh studi Ph.D. di Cornell University menerima beasiswa dari AICEF (American – Indonesian Cultural and Educational Foundation). AICEF memiliki tujuan untuk mempromosikan dan mendukung penyelesaian studi lanjut untuk mahasiswa di akademi dan universitas terkemuka di Amerika Serikat dengan fokus Indonesia. Lembaga tersebut memberikan beasiswa untuk mendukung penelitian mahasiswa yang penelitiannya melakukan kerja lapangan di Indonesia. AICEF telah memberikan bantuan keuangan selama lebih dari 30 tahun kepada ratusan mahasiswa yang ingin melanjutkan studi pasca sarjana dan doktoral mereka di Amerika Serikat dan secara aktif berpartisipasi dalam belajar, menciptakan dan membangun beberapa teknologi dan layanan penting di Indonesia. Bidang studi yang menerima beasiswa adalah bidang keteknikan, pertanian, pendidikan, pengembangan komunitas, ilmu politik, jurnalistik, matematika, seni visual dan pertunjukan.

Penelitian yang beliau lakukan berjudu Informal Community, Social Capital, and The Bureaucratic Politics of Resistance to Eviction in Indonesia. Penelitian disertasi yang dibimbing oleh Victoria Beard, John Forester dan Connie Yuan ini berawal dari isu peningkatan informalitas perkotaan yang disebabkan oleh urbanisasi. Peningkatan informalitas perkotaan menyebabkan terjadinya tren kebijakan global untuk merelokasi kaum marjinal dan permukiman informal ke urban periphery, terbukti dengan adanya kebijakan slum-free dan smart cities.

“Penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi bahwa terdapat kelemahan di kebijakan-kebijakan yang sedang tren tersebut. Secara umum, penelitian ini dilakukan dengan memahami lebih dalam lagi mengenai  mengapa dan bagaimana beberapa permukiman informal mampu menolak penggusuran dan tetap berada pada kawasan utama perkotaan” ujar Pak Rizal. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan (pada planner) pemahaman yang lebih baik mengenai hubungan antara perencaaan formal dan perencanaan informal dan bagaimana hubungan tersebut mempengaruhi kerentanaan masyarakat informal. Penelitian akan terfokus pada dinamika power antara aktor-aktor politik perkotaan terutama pada interaksi politik antara masyarakat informal, birokrasi pemerintahan dan aktor politik perkotaan lainnya. (DIS)