Perkembangan berbagai aktivitas masyarakat dan tuntutan pembangunan membuat kita harus semakin kreatif dalam merencanakan dan mengatur pengembangan wilayah maupun kota. kemudian pada era otonomi daerah, perluasan kewenangan daerah dalam pengelolaan sumber daya yang ada menjadi potensi dan tantangan terkait perencanaan pembangunan dan pengembangan suatu wilayah maupun kota. pembangunan dan pengelolaa sumber dayatersebut membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kapasitas dan keahlian yang cukup baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengembangan personal atau tenaga yang memiliki kemampuan di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota secara memadai.

Jurusan PWK Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dalam hal ini merasa bertanggung jawab untuk mendukung setiap kegiatan pembangunan di tingkat nasional maupun daerah dengan menyediakan peluang bagi masyarakat, professional dan aparat pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dirinya melalui kegiatan penyelenggaran Program STudi Magister PWK (PS MPWK).

Berpijak pada kebutuhan di atas, maka pada tahun 2000, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota menyelenggarakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Tarakan berupa kelas khusus Program Magister Teknik Sipil untuk minat PWK dan Transportasi. Pada tahun 2002, PS Magister Teknis Sipil (MTS) UB minat PWK menerima angkatan pertama. Sejak itu, kerjasama dengan institusi lain diselenggarakan salah satunya adalah kelas khusus perencanaan pendidikan pada tahun 2005, sehingga dapat dikatakan PS MPWK sebenernya telah berkontribusi dalam menghasilkan luluasan yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing.

Dalamperkembangannya, kebutuhan akan lulusan bidang ilmu PWK semakin berkembang baik dalam kuantitas dan kualitas sehingga dibutuhkan kurikulum yang dapat menjawab tantangan tersebut. Oleh karena itu, PS MPWK menawarkan dua minat keahlian bidang ilmu PWK guna memenuhi kebutuhan di atas. Minat yang ditawarkan PS MPWK lebih mengarah pada ranah kekotaan dan kewilayahan.