Ditulis pada tanggal 24 September 2014, oleh PWK Universitas Brawijaya, pada kategori Uncategorized

Ada banyak cara untuk lebih mencintai kota kita. Bisa dengan lebih memperhatikan lingkungan, mengelola sampah dsb. Seiring dengan perkembangan waktu, kota bertransformasi dengan berbagai macam aktivitas penduduknya. Potensi dan permasalahan kota berkembang seiring dengan pembangunan itu sendiri. Jika tidak dikelola dan dirawat dengan baik, kota akan menjadi tidak layak huni. Padahal saat ini sedang berkembang isu tentang kota ramah anak. Kepedulian anak sangatlah dibutuhkan demi terciptanya kota yang bersih, ramah lingkungan dan nyaman untuk ditinggali.

Cover kisah kota kita

Berbekal dari keprihatinan terhadap kondisi kota dan ingin memperkenalkan arsitektur dan tata kota kepada anak-anak Indonesia, Dian Kusuma Wardhani (dosen PWK UB) berkolaborasi dengan  Watiek Ideo (penulis cerita anak) menuangkan ide dan kreatifitasnya dalam bentuk kisah yang dibukukan. Sebuah buku yang mengangkat problematika kota dengan cara yang fun melalui ilustrasi agar dapat dinikmati oleh segala usia dari sudut pandang arsitektur maupun perencanaan wilayah dan kota. Para kontributornya sendiri adalah arsitek-arsitek ahli tata kota. Selain kisah tentang kota, buku ini juga memuat mini ensiklopedia dan fakta unik tentang kota sehingga buku ini dapat menjadi buku pengetahuan yang menyenangkan.

retail in watercolor

Para ilustrator yang terlibat antara lain Dian Kusuma Wardhani, Hutami Dwijayanti, Tiffa N Tanuwigena, Dian Yusnita Setiany, Agnes Kartika, Salestinus Sustyo Hendriawan, Diani Apsari, Diah Fitriana Mukadar, Dewi CItra dan Haidi Shabrina.

10703094_10203995632666433_163359839_o

Selain memberikan ilmu, buku Kisah Kota ini juga memberikan bonus berupa sebuah gimmick dalam bentuk wayang kota yang menarik, unik dan bermanfaat untuk menunjang kepedulian dan kecintaan anak-anak untuk lebih menyayangi kota. Buku ini juga mendapat rekomendasi dari Bapak Ir. Joko Widodo yang merupakan Presiden RI 2014-2019, Bapak Anies Baswedan yang merupakan Rektor Universitas Paramadina dan penggagas Gerakan Indonesia Mengajar, dan Bapak Ridwan Kamil yang merupakan Walikota Bandung 2013-2018. Mereka berharap agar dengan adanya buku Kisah Kota ini dapat berdampak positif menanamkan cinta lingkungan sejak dini kepada anak-anak.

Buku Kisah Kota Kita terbitan Bip Gramedia dan dicetak 180 halaman dengan 10 kisah kini sudah tersedia di toko buku terdekat. Jika kesulitan mendapatkannya, pemesanan buku Kisah Kota Kita dapat melalui akun FB dari Ibu Dian Kusuma Wardhani sendiri atau dapat memesan langsung ke ruangan Bu Dian di Gedung Jurusan PWK lantai 2, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang. (IF)

Sumber foto: Facebook Bu Dian Kusuma Wardhani