Ditulis pada tanggal 24 Juni 2015, oleh PWK Universitas Brawijaya, pada kategori Uncategorized

firdausinuzula1

Mahasiswi Jurusan Perencanaan Wilayah & Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB), Firdausi Nuzula, menjadi juara I dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVI Provinsi Jawa Timur kategori Tilawah Remaja Putri. Pada kompetisi yang digelar di Banyuwangi 22-30 Mei 2015 tersebut, Firda, demikian panggilan akrabnya, menyisihkan 76 peserta lainnya.

Dengan prestasi ini, maka Firda akan mewakili Jatim pada kategori Tilawah Remaja Putri dalam MTQ Nasional yang akan diselenggarakan tahun depan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak menutup kemungkinan, bila mahasiswi angkatan 2014 ini menjadi juara pertama kembali, maka ia akan mewakili Indonesia dalam kategori yang sama pada ajang MTQ Internasional.

Firda mengungkapkan bahwa prestasi ini tak lepas dari motivasinya untuk mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar. “Saat ini pemuda-pemudi yang berkeinginan mempelajari Al-Qur’an semakin sedikit. Itulah yang melecut saya untuk menjadi mahasiswa yang tidak hanya pintar di nilai akademis, tetapi juga di ilmu Al-Qur’an,” tutur alumni MAN Nglawak 1 Nganjuk ini.

Lebih lanjut, dorongan dari orang tua menjadi semangat tersendiri untuk mahasiswi yang juga mewakili UB dalam ajang MTQ Mahasiswa Nasional XIV Tahun 2015 tersebut. Ibunya, Binti Lu’il Maknun, adalah Juara I Qori Kabupaten Nganjuk. “Ibu ingin saya memiliki prestasi lebih baik dari beliau,” katanya.

Selain itu, Firda menilai potensi prestasi mahasiswa di UB dalam ajang MTQ cukup besar bila dikordinir langsung oleh masing-masing jurusan. Tak lupa persiapan yang dilakukan juga harus jauh-jauh hari sebelum lomba dilaksanakan. Paling tidak 6 bulan sebelum pelaksanaan dimulai.

“Membacanya pun harus dengan istiqomah dan ikhlas. Jangan mengharapkan prestasi tertentu. Selama lomba pun bacaan khusus saya tujukan yang pertama untuk Allah SWT, dan yang kedua untuk orang tua,” pungkas mahasiswi yang juga salah satu pengisi acara jelang berbuka puasa di channel UB-TV selama Ramadhan ini. (and)

sumber: http://teknik.ub.ac.id/id/mahasiswi-ft-juara-i-mtq-xxvi-jatim/