Layanan Lab. Pengembangan Wilayah dan Kebijakan Publik antara lain:

  • Pelatihan Rencana Mitigasi Bencana

Serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan dan penataan infrastruktur maupun peningkatan kemampuan untuk menghadapi ancaman bencana.

  • Pelatihan Perencanaan Desa Lestari

Pelatihan untuk memberikan arahan bagaimana melaksanakan pembangunan desa yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan. Desa lestari adalah desa yang memiliki konsep perancangan infastruktur desa yang tidak merusak ekosistem dan bahkan dengan konsep yang beradaptasi dengan alam.

  • Pelatihan Pengembangan Desa Wisata

Kegiatan pengarahan pengelolaan potensi wisata desa. Pengelolaan wisata pedesaan yang melibatkan partisipasi masyarakat, ketersediaan fasilitas dari pemerintah, dan bekerja sama dengan pihak swasta sesuai prinsip berkelanjutan dan ramah lingkungan.

  • Pelatihan Zonasi Wilayah Pesisir

Pelatihan untuk memahami tata cara penyusunan zonasi wilayah pesisir yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Zonasi ini membagi kawasan menjadi lahan budidaya dan lahan lindung pesisir.

  • Pelatihan Perencanaan Desa Terpadu dan Berkelanjutan

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman aparat pemerintah terutama bagi aparat desa tentang Perencanaan Desa Terpadu dan Berkelanjutan. Selain itu, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kemampuan untuk menggunakan software yang dibutuhkan dalam perencanaan desa terpadu dan berkelanjutan.