Laboratorium Perencanaan Wilayah didirikan pada bulan Juli 2003 dengan diketuai oleh Ir. Tunjung Wijayanto Soeharso, MSP. Tujuan didirikannya laboratorium ini adalah sebagai media dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang ilmu perencanaan wilayah. Awal mulanya, laboratorium perencanaan wilayah fokus menangani mata kuliah Studio Perencanaan Wilayah, namun seiring berjalannya waktu, laboratorium ini selanjutnya mengintegrasikan beberapa mata kuliah. Tujuannya adalah adalah memberikan kontrol terhadap penyelenggaraan proses belajar mengajar agar dapat dipandu secara linier. Harapan dari pendirian laboratorium ini adalah dapat memberi input ilmu yang mencukupi kompetensi mahasiswa untuk menghadapi studio perencanaan wilayah.

Dalam perkembangannya, Laboratorium Perencanaan Wilayah (berpadu dengan kelompok dosen keahlian perencanaan wilayah) aktif menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat serta turut mendorong komunikasi dan kerjasama internasional antar institusi. Penyelenggaraan kuliah tamu dengan pembicara dari beberapa perguruan tinggi ternama merupakan program yang mulai sering diadakan, khususnya mulai tahun 2006.

Dalam rangka regenerasi dalam struktur organisasi Laboratorium Perencanaan Wilayah, estafet kepemimpinan laboratorium perencanaan wilayah dilanjutkan oleh Dimas Wisnu Adrianto, ST., MT., M.Env.Man untuk periode 2009-2014, menggantikan Ir. Tunjung Wijayanto Soeharso, MSP yang telah menjalani masa purnabakti. Selanjutnya, pada tahun 2013, Laboratorium Perencanaan Wilayah berubah nama menjadi Laboratorium Pengembangan Wilayah dan Kebijakan Publik. Perubahan nama diikuti dengan perubahan kepemimpinan yakni dilanjutkan oleh kepemimpinan Dr. Ir. Agus Dwi Wicaksono, lic.rer.reg.