Ditulis pada tanggal 21 November 2014, oleh PWK Universitas Brawijaya, pada kategori Uncategorized

bank_sampah_7013_20140526110004

Keberadaan sampah yang berada disekitar kita, apabila dikelola dengan baik bisa membawa manfaat bahkan menghasilkan uang. Hal inilah yang dilakukan Jurusan Perencanaan Wilayah Kota Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya (UB) dengan mendirikan Bank Sampah PWK FT UB.

“Bank Sampah PWK UB merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang digagas oleh dosen dan mahasiswa. Pendirian Bank Sampah ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sisa-sisa kertas praktikum mahasiswa yang dibiarkan begitu saja. Padahal di jurusan PWK sering membahas kebersihan lingkungan namun tidak diimpelmentasikan secara nyata,” ungkap Dian Kusuma Wardhani, ST., MT, Dosen Jurusan PWK FT UB Kepada PRASETYA Online.

Menurut Dian, Bank Sampah ini merupakan gerakan nyata untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Selain itu bagi nasabah akan mendapatkan tabungan yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. “Menjaga kebersihan lingkungan dengan menabung sampah itu adalah keren,” tuturnya.

Koordinaror Bank Sampah, Yanuar, menambahkan sejak didirikan bulan April lalu sudah ada sekitar 108 nasabah. Proses menabung pada bank sampah ini adalah mendafatrkan dulu menjadi anggota dengan membayar biaya administrasi sebesar Rp 5000  dan langsung mendapatkan buku tabungan dan kartu anggota.

“Saat ini sampah yang bisa ditabung hanya dua jenis sampah yaitu plastik dan kertas. Lingkupnya juga masih khusus untuk mahasiswa dan dosen jurusan PWK,” ujar mahasiswa angkatan 2012 itu.

Lingkupnya terbatas dikarenakan agar Bank Sampah ini bisa fokus dan tidak terlalu banyak menampung sampah. Namun, harapannya dengan adanya Bank Sampah ini bisa memberikan contoh kepada jurusan dan fakultas lain untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan cara yang menyenangkan.

“Bank Sampah PWK masih belum bisa menerima nasabah dari fakultas lain, tetapi kami akan senang apabila ada yang ingin melakukan studi banding dan berbagi informasi tentang Bank Sampah. Harapannya Bank Sampah ini bisa menjadi percontohan dan dikembangkan di fakultas lain,” pungkasnya. [rian]

Sumber: http://prasetya.ub.ac.id/berita/Menabung-Sampah-Itu-Keren-15067-id.html