Ditulis pada tanggal 17 Mei 2016, oleh PWK Universitas Brawijaya, pada kategori Uncategorized

FT-UB (9-12/Mei/2016); Fakultas Teknik turut meramaikan festival musim semi Perancis 2016,Printemps Français 2016. Selama 4 hari Jurusan Arsitektur dan PWK bersinergi dengan IFI (Institut Français d’Indonésie). Dalam acara ini digelar pameran bersama dan seminar arsitektur dan perancangan urban di bawah tema Arsitektur Masa Depan.

Pada hari pertama pembicara dari Perancis membuka seminar. Grégoire  Dubreux memaparkan beberapa desainnya. Salah satu principal dari firma MU Architecture ini mengulik detail perencanaan dalam tiap karyanya.

“Kota masa depan adalah tentang partisipasi masyarakat! Bagaimana seorang perancang memahami aspirasi masyarakat dan penghuni.” ujar Grégoire  menekankan pentingnya melibatkan masyarakat dalam perancangan di kota metropolitan seperti Paris.

Topic menjadi semakin hangat ketika sesi tanya jawab. Banyak mahasiswa yang penasaran mengenai metode partisipatorik ini. Diskusi berjalan intens dengan partisipasi para dosen Jurusan Arsitektur dan PWK yang turut hadir.

Belajar Silang dari Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Pada pelaksanaan hari ke-2 dan ke-3 FT-UB balas memberi kajian mengenai kota masa depan. Prof. Ir. Antariksa Sudikno, M.Eng., Ph.D dari Jurusan Arsitektur dan Dr. Ir. Agus Dwi Wicaksono, Lic. Rer.Reg dari Jurusan PWK menjadi pembicaranya.

Masih sejalan dengan paparan dari Grégoire  Dubreux, Keduanya memberi konteks yang lebih multidimensional terhadap ide Kota Masa Depan. Prof Antariksa membahas pentingnya Etika dalam berarsitektur. Sedangkan Dr. Agus memaparkan tentang perancangan generasi ketiga untuk kota berkelanjutan. (materi paparan dapat dibaca disini:Prof Antariksa dan Dr Agus Dwi Wicaksono)

IMG_1374Selain seminar FT-UB dan IFI juga menggelar pameran bersama selama 4 hari. Di serambi luar gedung FT-UB pengunjung dapat mempelajari arsitektur Perancis dan juga karya mahasiswa arsitektur dan PWK UB.

Kesempatan Belajar ke Perancis

Pada hari terakhir FT-UB menggelar talk show terbuka dengan IFI mengenai kesempatan studi ke Perancis. Diundang dalam diskusi ini Astrini Simajuntak dari IFI, Dwi Maulidatuz Zakiah  seorang Alumni jurusan PWK yang meraih magister GEAL di Paris IV Sorbonne, serta Naufal Abdullah Ramadhan mahasiswa sastra perancis Universitas Brawijaya.

Talkshow terbuka untuk semua mahasiswa Arsitektur dan PWK. Dalam diskusi ini Astrini memberi penjelasan mengenai bagaimana sistem pendidikan di Perancis dan akses yang terbuka lebar bagi mahasiswa asing. Sedangkan Dwi dan Naufal memaparkan pengalamannya studi di Prancis dan apa saja kelebihan jika mahasiswa tertarik untuk melanjutkan studi kesana. (emis)