Ditulis pada tanggal 1 Agustus 2015, oleh PWK Universitas Brawijaya, pada kategori Uncategorized

Slide1

Laboratorium Environment, Infrastructure and Information System PWK UB memiliki kesempatan untuk mengadakan pelatihan terkait penyusunan zoning regulation yang bekerja sama dengan DPU Kalimantan Timur pada tanggal 29-30 Juli 2015. Pelatihan ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa semakin meningkatnya pembangunan perkotaan maka semakin banyak permasalahan pengembangan wilayah.

Slide2 Slide11

Peraturan Zonasi sebagai salah satu perangkat pengendali pemanfaatan ruang sejauh ini masih belum secara maksimal digunakan dalam mengendalikan pemanfaatan ruang suatu kawasan. Belum seragamnya pemahaman akan esensi zoning regulation serta subtansi yang berbeda-beda pada berbagai wilayah, merupakan salah  satu faktor penyebab mengapa zoning regulation belum secara maksimal digunakan. Paket pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendasar tentang tata cara, proses dan mekanisme penyusunan zoning regulation, serta aplikasi zoning regulation dalam proses pengendalian pemanfaatan ruang di daerah. Bagaimana melihat karakteristik wilayah dengan survey lokasi dan membuat zoning regulation-nya.

 Slide6 Slide4Slide7

Program pelatihan ini menjadi salah satu upaya percepatan dalam memberikan dasar keahlian perencanaan tata ruang bidang pengenalan penyusunan Peraturan Zonasi dengan sasaran kegiatan ini adalah untuk menghasilkan tenaga bidang perencanaan yang memahami dasar pengetahuan Penyusunan Peraturan Zonasi (sebagai tahapan pertama dari rangkaian proses pengetahuan penyusunan Peraturan Zonasi), untuk bisa memasuki tahapan-tahapan berikutnya, yaitu; Tahapan kemampuan teknis penyusunan Peraturan Zonasi, serta; Tahapan kemampuan penyusunan rencana Peraturan Daerah Peraturan Zonasi.

Slide12 Slide8

Pelatihan ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut: Peserta memperoleh pengetahuan dasar tentang keilmuan dan teknik penyusunan peraturan zonasi (bagian keahlian Perencanaan Wilayah dan Kota) yang juga merupakan bagian dari kegiatan pembangunan jasa konstruksi; Peserta mendapatkan kemampuan pengenalan tentang penyusunan peraturan zonasi sebagai landasan untuk mengikuti program pelatihan berikutnya (baik yang teknis Penyusunan Peraturan Zonasi, maupun yang penyusunan Perda Peraturan Zonasi); Mempunyai nilai tambah dalam kemampuan penataan ruang kawasan perkotaan.