Ditulis pada tanggal 14 September 2015, oleh PWK Universitas Brawijaya, pada kategori Uncategorized

Satoko Suzuki, Profesor dari Graduate School of Management Kyoto University Jepang, berkunjung ke Jurusan Perencanaan Wilayah & Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (PWK FT-UB). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Universitas Kyoto dengan FT-UB. Sebelumnya diantara kedua belah pihak telah diadakan kerjasama berupa  4 kali conference program dan 2 kali visiting professor program.

Kedatangan Suzuki benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh pimpinan jurusan. Kunjungan yang berlangsung sepanjang 10-22 September, diisi penuh dengan jadwal kuliah tamu dengan mahasiswa (kelas kuliah umum maupun seminar) maupun lokakarya di Desa Poncokusumo Kabupaten Malang.

Suzuki merupakan pakar di bidang pemasaran dan perilaku konsumen. Pada kelas-kelas yang ia singgahi selama kunjungan, Product Manager di Nihon L’Oreal Jepang ini memaparkan konsep dasar pemasaran untuk diterapkan pada perencanaan kota, utamanya transportasi publik.

“Yang terpenting untuk dimengerti adalah bagaimana memahami sudut pandang pelanggan,” kata Suzuki di International Office Room FT-UB, Senin (14/9).

Tak hanya itu, Suzuki juga memaparkan bagaimana strategi memasarkan kota dengan baik. Menurutnya, memasarkan kota harus diawali dengan mengidentifikasi dan membuat citra yang kuat dari kota tersebut. Hal ini penting karena citra itulah yang akan menarik perusahaan atau pendatang untuk datang ke kota tersebut.

Branding dapat membantu meningkatkan penjualan produk dan jasa yang dihasilkan kota yang dapat meningkatkan taraf ekonomi,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Jurusan PWK Dr. Ir. Abdul Wahid Hasyim, MSP berharap kerjasama yang telah terjalin dapat berlanjut hingga ke tingkat multi fakultas dan universitas.

“Kita telah menarik banyak manfaat dari kerjasama ini. Bahkan saat ini kita dapat memberangkatkan tenaga pengajar kita untuk studi lanjut di Kyoto University,” tukas pakar Remote Sensing ini. (and)