Ditulis pada tanggal 14 Pebruari 2016, oleh PWK Universitas Brawijaya, pada kategori Uncategorized

Perguruan tinggi merupakan salah satu wadah yang berfungsi sebagai pusat pengembangan dan penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi, yang sesuai dengan kondisi saat ini dan kebutuhan pembangunan pada masa yang akan datang. Peranan perguruan tinggi yang utama disamping pengembangan ilmu, adalah sebagai tempat mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa.

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya melalui Himpunan Mahasiwa Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (HM PWK FT–UB) memfasilitasi mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota untuk pembelajaraan langsung melalui kegiatan pengamatan langsung dan yang aplikatif melalui kegiatan ilmiah studi ekskursi.

Adapun tema yang diangkat pada studi ekskursi 2016 ini ialah “smaty cities”. Kota Bandung dipilih karena Kota Bandung mewakili Indonesia terpilih masuk finalis 6 besar dunia untuk Inovasi Smart City dari World Smart City Organisation di Barcelona. Ibu Kota Jawa Barat tersebut bersaing dengan lima kota besar di dunia. Pertemuan dengan Pemerintah Kota Bandung langsung dipresentasikan oleh Bapak Andri mengenai konsep smart cities yang diterapkan di Kota Bandung. Di penghujung acara, PWK UB diberikan kesempatan mengunjungi Bandung Command Center yang menjadi pusat navigasi digital di Kota Bandung yang dikelola oleh Dinas Kominfo Kota Bandung.

Selain mengunjungi Pemerintah Kota Bandung, PWK UB juga mengunjungi PWK ITB untuk belajar langsung terkait smart cities yang dipresentasikan oleh Bapak Ridwan Sutriadi, ST., MT., Ph.D.