Ditulis pada tanggal 22 September 2015, oleh PWK Universitas Brawijaya, pada kategori Uncategorized

pwk-cropJurusan Perencanaan Wilayah & Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (PWK FT-UB) kembali mengadakan kuliah tamu dengan tajuk Workshop on Rural Planning: Poverty And Food Security yg diadakan oleh lab Regional Development and Public Policy(RDPP). Acara ini dihadiri oleh lima delegasi dari Jepang, Prof. Satoshi Hoshino, dan ketiga muridnya Akifumi Eto (S3), Tomohiro Aoki (S2), dan Inada Tatsuhiko (S1) dari Kyoto University, dan seorang associate professor dari Department of Agricultural Engineering and Socio-Economics Faculty of Agriculture Kobe University Masaya Nakatsuka.

Mengambil tema ketahanan pangan, workshop yang merupakan rangkaian kegiatan dari Studio Perencanaan Desa (SPD) ini diselenggarakan di Desa Gubuk Klakah dan Argosuko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang mulai tanggal 14 hingga 17 September 2015. Tujuan kegiatan yang juga diikuti oleh 18 mahasiswa semester 3 dan 15 asisten mahasiswa SPD ini adalah untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan mengenai desa dan proses perencanaan desa di Indonesia.

Menurut AR. Rohman Taufiq H.,ST.,M.AgrSc selaku Koordinator Pelaksana, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan akademis dari laboratorium RDPP PWK FT-UB . Di sisi lain, kegiatan ini juga merupakan ajang promosi bagi desa di Indonesia yang memiliki ciri khas yang menarik. “Kami selalu berusaha untuk membangun aktivitas bersama antar delegasi dan Lab RDPP, harapan kami, kegiatan serupa dapat terus berulang di kemudian hari.” ujarnya.

pwk 2-cropKetua Jurusan PWK FT-UB Dr. Ir. Abdul Wahid Hasyim MSP juga memberikan feedback positif  terkait kegiatan ini. “Workshop ini jelas sangat memberikan manfaat. Paling terasa adalah mahasiswa memperoleh langsung wawasan secara international. Nantinya diupayakan untuk terus menjalin kerjasama dengan mereka agar diperoleh hasil lebih nyata.” tukasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan network meeting pada tanggal 18 September yang diselenggarakan di PWK FT-UB. Mengemban misi fakultas untuk menjadi pendidikan tinggi di bidang keteknikan yang unggul di Asia pada tahun 2020, segenap jurusan di FT-UB akan selalu mencari peluang untuk membangun kerja sama, baik untuk kegiatan riset maupun kegiatan akademis lainnya. (pwk/mic)