Ditulis pada tanggal 2 Maret 2015, oleh PWK Universitas Brawijaya, pada kategori Uncategorized

ykks1

Pada 23-25/2, Direktur Yayasan Kota Kita Surakarta (YKKS) John Taylor didampingi Direktur Eksekutif YKKS Ahmad Rifai mengadakan kunjungan ke Jurusan Perencanaan Wilayah & Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB). Salah satu tujuan kunjungan ini adalah untuk menjajaki dan membuka peluang kerjasama antara YKKS dengan Jurusan PWK FTUB.

Menurut Sekretaris Jurusan PWK FTUB Ir. Ismu Rini Dwi Ari, MT., Ph.D, peluang kerjasama pertama dapat diwujudkan dengan mengarahkan YKKS sebagai institusi KKN-P (Kuliah Kerja Nyata Profesi) mahasiswa. Namun, untuk magang di YKKS, mahasiswa harus melalui proses seleksi terlebih dahulu. “Karena yang akan dilakukan dan dipelajari tidak hanya comprehensive urban planning, tetapi juga dimensi yang lain, yaitu lebih belajar ke perencanaan advokasi,” kata alumni Kyoto University ini.

Seleksi ini akan diadakan pada tanggal 6-10 April mendatang. Bila lolos seleksi, maka mahasiswa akan menjalani KKN-P dengan sistem tinggal penuh selama liburan semester panjang. Ismu menambahkan, bila kegiatan berjalan lancar maka tidak menutup kemungkinan menjadi kegiatan rutin tahunan jurusan.

Bentuk kerjasama kedua dituangkan dalam bentuk ide untuk membangun website Malang Kota Kita sebagai forum untuk menampung aspirasi masyarakat untuk pembangunan kota. Diharapkan dengan berdirinya website ini maka dapat menjadi alat bantu perencanaan partisipatif melalu musyawarah pembangunan (musrembang) berdasarkan kepentingan warga. Dalam website ini terdapat database akurat mengenai profil suatu desa/kelurahan.

Bentuk kerjasama ketiga diarahkan pada penelitian bersama. Ismu mengatakan, dengan adanya riset bersama, maka akan terbentuk jaringan kerja. Dengan networking dapat terkoneksi dengan beberapa orang, agen, atau organisasi yang dapat membangun kesejahteraan. “Semakin luas jaringan semakin membuka peluang lebih sejahtera,” ungkapnya.

Kedatangan John Taylor dimanfaatkan dengan baik oleh civitas akademika Jurusan PWK FTUB. Kegiatan diawali dengan diskusi antara John Taylor dengan dosen, pranata laboratium pendidikan, dan anggota laboratorium. John Taylor, urban planner lulusan Harvard University, melanjutkan dengan memberikan kuliah tamu dan diskusi kepada mahasiswa studio perencanaan kota serta mahasiswa studio pemukiman kota. (and)