Ditulis pada tanggal 21 Desember 2020, oleh Dian Indah Shofarini, pada kategori Uncategorized

Sebagai lanjutan dari kegiatan hibah dari Cornell University, Project dari Bapak Fauzul Rizal Sutikno masuk dalam salah satu virtual showcase untuk kegiatan grant-Engaged CornDell. Project yang didanai oleh Grant Cornell tesebut merupakan salah satu hal yang cukup prestisius bagi mahasiswa doctoral yang melakukan penelitian dengan tema community based. Judul project yang dilakukan oleh Pak Rizal adalah informal community, social capital, and the bureaucratic politics of resistance to evection in Indonesia termasuk ke dalam tema migrasi dalam showcase tersebut.

Dalam projectnya, Pak Rizal mengangkat isu mengapa Kawasan permukiman internal di Kota Malang mampu bertahan dari kegiatan penggusuran pemerintah dan tetap berada di lokasi utama yang berada di pusat kota. penelitiannya berfokus pada dinamika kekuasaan antara aktor politik perkotaan; komunitas informal, birokrasi negara, dan aktor perkotaan lainnya. penelitian ini akan memberi kita pemahaman tentang hubungan antara perencanaan informal dan formal di Indonesia.

Topik mengenai projek tersebut dapat dilihat pada http://blogs.cornell.edu/communityengagementshowcase2020/migrations/. Tentunya keberhasilan project ini tidak lepas dari dukungan para stakeholder yang terkait dan bantuan dana dari grant engaged cornell. Kini Pak Rizal telah menyelesaikan studi s3 dan kembali berkiprah di kampus. Kedepannya Pak Rizal berharap agar kegiatan serupa dapat berlanjut dan dapat dilakukan dengan dukungan finansial dari UB dan dukungan sumber daya dari PWK UB. [dis]