Program Studi Magister PWK FT-UB

PS S2 PWK sebagai aktualisasi tanggungjawab Departemen PWK akan mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang Perguruan Tinggi, Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan serta Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu, PS S2 PWK diharapkan mampu menghasilkan lulusan tingkat master yang berkompetensi mumpuni di bidang perencanaan. selain itu setiap lulusannya diharapkan dapat berperan aktif dalam kegiatan pembangunan nasional.

Program Studi S2 PWK merupakan bentuk aktualisasi tanggungjawab Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dalam mengembangkan lebih lanjut keilmuan dan keahlian bidang perencanaan wilayah dan kota di Indonesia dan dunia. Secara khusus, PS S2 PWK dibangun untuk memberikan ruang pendalaman minat dan keahlian bidang perencanaan bagi seluruh civitas akademika, terutama bagi semua lulusan S1 PWK atau yang berkaitan. Tanggung jawab ini diemban oleh PS S2 PWK sebagai suatu peran aktif dari Departemen PWK UB untuk membangun solusi permasalahan pembangunan perwilayahan dan perkotaan di Indonesia dengan perkembangan otonomi daerah, perkembangan ekonomi global, pertambahan jumlah penduduk serta tuntutan pemenuhan konsep pembangunan berkelanjutan.

Untuk mendukung pembangunan PS S2 PWK, Departemen PWK sebagai institusi induk telah menyediakan situasi dan kondisi yang sangat mendukung. Beberapa kerjasama dalam dan luar negeri telah dibangun oleh Departemen PWK terutama dalam bidang pendidikan dan penelitian. Banyaknya kuliah tamu, visiting profesor yang hadir, serta beberapa penelitian dosen berkolaborasi bersama dengan dosen dari universitas luar negeri merupakan salah satu indikator kesuksesan kerjasama yang diawali oleh Departemen PWK. Departemen ini telah tergabung dalam ASPI (Asosiasi Sekolah Perencana Indonesia) yang berarti pengembangan kurikulum serta aktivitas pendidikan, penelitian dan pengabdian mengacu pada standar yang berlaku atas sekolah tinggi perencana di Indonesia. Di tingkat internasional, Departemen PWK akan bergabung ke dalam APSA (Asian Planning School Association) dengan harapan untuk dapat menyesuaikan kemampuan/keahlian bidang perencanaan berstandar internasional (tingkat Asia).

PS MPWK saat ini berada di bawah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota PWK), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) sehingga KPS MPWK bertanggung jawab kepada Dekan Fakultas Teknik melalui kordinasi dengan Ketua Jurusan PWK. Organisasi PS PWK terdiri atas Ketua Program Studi, Laboratorium/Studio, Unit Pelaksana Administrasi, dan Unit lain yang dianggap perlu. Kegiatan operasional di PS MPWK juga telah dilaksanakan secara transparan, yang dapat dibuktikan melalui terbukanya informasi perihal kegiatan akademis, operasional, serta kepegawaian melalui jalur komunikasi yang terbuka yaitu melalui website Fakultas Teknik (www.teknik.ub.ac.id) dan website PS MPWK (www.pwk.ub.ac.id).

Pengelolaan PS MWPK selama ini dilaksanakan secara bertanggung-jawab oleh semua tenaga akademik melalui penerapan beban kinerja dosen (BKD) yang menjelaskan pembebanan tanggung jawab akademis, riset, pengabdian kepada masyarakat, serta kemahasiswaan masing-masing personel, kemudian penilaian pelaksanaan pekerjaan berdasarkan sasaran target yang telah ditetapkan melalui Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) serta Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (P2KP). Penilaian tahunan menunjukkan bahwa pencapaian nilai dalam masing masing dokumen yang relatif tinggi. sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, masing-masing personil PS MPWK memiliki tanggung jawab yang sangat baik.

Sistem pengelolaan PS MPWK dilakukan secara efektif dengan berlandaskan Renstra dan Standar Operational Procedures (SOP). Hal ini tidak terlepas dari kordinasi dengan unit pengelola PS MPWK (UB dan FT-UB) yang senantiasa mendukung kegiatan fungsional dan operasional PS MPWK, serta Unit Jaminan Mutu (UJM) Jurusan PWK yang bertugas memonitor pelaksanaan proses pembelajaran serta melakukan pengawasan terhadap kualitas kegiatan operasional di PS MPWK. Akses terhadap dokumen-dokumen Renstra serta Manual Procedures (MP) dan Instruksi kerja (IK) yang membentuk suatu SOP dapat dilakukan secara mudah oleh segenap sivitas akademika PS MPWK karena terpublikasi secara terbuka pada website PS MPWK (www.pwk.ub.ac.id).

Dalam pelaksanaan programnya, PS MPWK dibantu oleh UJM Jurusan PWK. Baku mutu yang digunakan mengacu pada Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas Brawijaya yang selalu diaudit 1 kali dalam setahun. Baku mutu yang digunakan oleh PJM adalah BAN-PT, ISO dan pelayanan prima. Selain itu, untuk menjaga konsistensi dalam pelaksanaan dan pengelolaan PS, telah disusun Manual Prosedur (MP) segala kegiatan yang berhubungan dengan proses belajar mengajar (PBM) dan pengelolaan PS. Guna menjaga kualitas pelayanan di dalamnya, pengelola PS MPWK menerapkan mekanisme penjaringan umpan balik, baik dari dosen, mahasiswa, alumni, maupun pengguna lulusan secara berkala.